Berapa Speed Download/ Upload yang Anda Dapatkan?

Masih tetap bersama SSH Gratis Full Speed Premium For Free - Pada kesempatan kali ini Mimin akan mencoba membahas seputar Kecepatan Download menggunakan SSH. Hal ini berhubungan dengan pertanyaan "Kenapa Speed Download Tetap Lemot Meski Sudah Sewa SSH yang katanya Full Speed?" Oleh karena itu, Mimin akan mencoba membuka pemikiran pembaca pada postingan ini supaya tidak terjadi salah persepsi seputar SSH dan Server yang anda sewa.


Seperti yang kita ketahui, SSH atau Secure Shell adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Terutama banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti Internet.

SSH ini biasanya kita dapatkan apabila kita menyewa komputer server. Perangkat ini sendiri bisa kita dapatkan dari penyedia layanan Indonesia ataupun Luar Negeri. Komputer server merupakan komputer yang sudah terhubung secara langsung dengan jaringan Internet dan biasanya memiliki jatah Bandwidht atau Quota Internet yang cukup besar.

Pada intinya, Komputer Server yang kita sewa kita manfaatkan Bandwidth atau Quotanya untuk Internetan menggunakan Provider Broadband yang ada di Negara kita. Komputer server pada umumnya memiliki kecepatan download dan upload yang cukup besar. Dalam speed test yang Mimin lakukan menggunakan Server yang Mimin sewa, Kecepatan download up to 602 Mbps. Untuk lebih jelasnya silahkan cek hasil speed test di => http://www.speedtest.net/my-result/3060668705

Lalu? Kenapa koneksi Internet saya tetap lelet meski sudah menyewa server ataupun SSH dari jasa penyedia SSH dengan speed yang bagus dan spek komputer server yang lumayan besar? Jawabannya adalah sebagai berikut:

Seperti yang sudah Mimin jelaskan pada paraghrap sebelumnya. Komputer server hanya dimanfaatkan Bandwidth atau Quota Internetnya saja. Sehingga, kita Internetan menggunakan Bandwidth/ Quota dari Komputer server. Pada intinya, SSH tidak menambah kecepatan download Internet anda. Namun, SSH juga membuka gerbang pembatas kecepatan download yang umumnya di berikan oleh Provider Indonesia yaitu maksimal sekitar 7 Mbps. Dengan SSH anda bisa melebihi kecepatan tersebut. Apa syaratnya bisa menembus kecepatan 7 Mbps?

#1. Signal Strength/ Kekuatan Signal/ Jaringan Provider yang anda gunakan benar-benar bagus di tempat anda.
#2. Modem yang anda gunakan minimal menggunakan modem dengan speed yang bisa up to 7 Mbps atau lebih.
#3. Spek komputer/ laptop dirumah anda lumayan bagus terutama pada port usb dan ram yang digunakan.

Jadi, pada intinya adalah hal yang mempengaruhi kecepatan download bukan hanya terletak pada SSH yang anda sewa saja. Karena, pada umumnya SSH yang disewakan oleh penjual sudah layak jual dan memiliki port speed paling minimal 100 Mb.

Pada kesimpulannya, sebelum anda menyewa SSH dan menyalahkan penjual SSH karena speed Internet anda tetap lelet. Akan lebih baik apabila anda perhatikan 3 hal yang mempengaruhi speed download di tempat anda. Yaitu, Kekuatan jaringan signal provider yang anda gunakan, kecepatan modem, dan spek komputer yang anda gunakan.

Demikian adalah beberapa ulasan yang Mimin coba untuk ungkapkan kepada pembaca. Apabila ada kekurangan atau kesalahan silahkan di koreksi via komentar. Semoga dengan bacaan tersebut pembaca dan pengguna SSH akan lebih memahami seputar kecepatan download yang didapatkan.